Cara Mendaftar Google Adsense Melalui Blog

Google Adsen sekarang ini seperti primadona di kalangan Pengelola Blog, hal senada diungkap oleh banyak pemilik blog yang telah merasakan gurihnya Dolar yang dikirim oleh Google lewat Cek atau via Rekening Bank. Namun sementara ini hanya beberapa negara tertentu yang bisa menerima langsung pendapatan Adsense di rekening Bank, dan Indonesia belum termasuk untuk ini.


Mendaftarkan Blog ke Google Adsense merupakan langkah bijaksana kemudian akan menumbuhkan motivasi untuk terus belajar menggali potensi yang ada tentang Blog itu sendiri juga segala hal yang berhubungan dengan dunia Blogging. Sementara kebanyakan orang berkecimpung di Blogging atas dasar hoby maupun kegemarannya di dunia internet, jadi bisa dibayangkan dengan menjalankan suatu hoby kemudian bisa mendatang uang hanya dengan mendaftarkan blog yang kita kelola ke Google Adsense.

Cara Mendaftar Google Adsense Melalui Blog sangat muda jika kita sudah faham tentang fungsi fitur yang ada pada Blogger, namun semua pengelola Blog mendapatkan pemahaman tentang semua itu setelah mereka mempelajarinya satu persatu. Termasuk tentang Mendaftar Adsense milik Google, mereka juga sebelumnya pernah menanyakan hal ini. Setelah Adsense-nya disetujui semua seakan tergerak secara otomatis untuk berbagi dengan sesama Blogger lain terutama bagi yang belum mendaftarkan blognya ke Google Adsense.

ErraDigital kali ini juga ikut memposting hal yang sama, kami ingin berbagi Tutorial Cara Mendaftarkan Blog ke Google Adsense karena hari tepat tanggal 1 Januari 2016 ini kami melakukan Pendaftaran Google Adsense untuk Blog tercinta Erradigital.blogspot.com. Khusus kepada teman-teman yang belum mengerti caranya kami akan jelaskan langkah demi langkah disertai gambar agar mudah difahami, dan semoga bermanfaat.

Sebelum mengikuti Panduan Mendaftar Google Adsense Melalui Blog, ada baiknya kita ketahui terlebih dahulu apa sih Google Adsense itu?, berikut uraian singkat tentang Google Adsense yang kami kutip dari Wikipedia bahasa Indonesia:

Program AdSense didirikan setelah Google mengakuisisi Pyra Labs pada bulan Februari 2003. Sebulan berikutnya tepatnya pada tanggal 4 Maret 2003, Chairman Google dan CEO, Erick Schmidt, mengumumkan layanan iklan konten bertarget yang disebut AdSense. Untuk mendukung program adsense, pada 23 April 2003 atau sebulan kemudian google mengakuisisi Applied Semantics yang teknologinya mendukung layanan AdSense.


Sejak AdSense didirikan, unit AdSense for Content hanya mendukung bahasa Inggris dan beberapa bahasa negara-negara di Eropa, Timur Tengah dan Asia Timur, serta satu negara Asia Tenggara yaitu bahasa Thailand. Namun akhirnya pada tanggal 1 Februari 2012 Google secara resmi mengumumkan bahwa Bahasa Indonesia kini didukung untuk menampilkan unit iklan AdSense for Content, setelah sebelumnya bahasa Indonesia hanya didukung untuk unit AdSense for Search saja. Kini AdSense for Content mendukung 36 bahasa negara di dunia.

Pada tanggal 7 November 2012 Google mengumumkan telah memperbarui aplikasi permohonan AdSense bagi publisher baru yang mendaftar AdSense melalui mitra host, artinya pendaftar baru yang mendaftar AdSense melalui Youtube, Blogger dan Hubpages. Sejak saat itu akun AdSense dibedakan menjadi dua macam, yaitu akun AdSense hosted dan akun AdSense non hosted. Berdasarkan catatan resmi Google, jumlah publisher AdSense kini mencapai lebih dari 2 juta publisher di seluruh dunia.

Kesimpulanya AdSense adalah program kerjasama periklanan melalui media Internet yang diselenggarakan oleh Google. Melalui program periklanan AdSense, pemilik situs web atau blog yang telah mendaftar dan disetujui keanggotaannya diperbolehkan memasang unit iklan yang bentuk dan materinya telah ditentukan oleh Google di halaman web mereka. Pemilik situs web atau blog akan mendapatkan pemasukan berupa pembagian keuntungan dari Google untuk setiap iklan yang diklik oleh pengunjung situs, yang dikenal sebagai sistem pay per click (ppc) atau bayar per klik.

Selain menyediakan iklan-iklan dengan sistem bayar per klik, Google AdSense juga menyediakan AdSense untuk pencarian (AdSense for Search) dan iklan arahan (Referral). Pada AdSense untuk pencarian, pemilik situs web dapat memasang kotak pencarian Google di halaman web mereka. Pemilik situs akan mendapatkan pemasukan dari Google untuk setiap pencarian yang dilakukan pengunjung melalui kotak pencarian tersebut, yang berlanjut dengan klik pada iklan yang disertakan pada hasil pencarian. Pada iklan arahan, pemilik situs akan menerima pemasukan setelah klik pada iklan berlanjut dengan tindakan tertentu oleh pengunjung yang telah disepakati antara Google dengan pemasang iklan tersebut.

Setelah membacara ulasan di atas marilah Daftarkan Blog ke Google Adsense, jika anda berminat ikuti panduan berikut secara tertib jangan ada yang terlewatkan.

Langkah-langkah Mendaftar Google Adsense Melalui Blogger

Pertama sekali jika blog dalam format bahasa Indonesia maka ganti ke bahasa Inggris (United Kingdom) atau (United States), meskipun nantinya semua menu masih terbaca dalam bahasa Indonesia ini berbeda pengertiannya antara bahasa secara keseluruhan dan format bahasa dasar pada Blog. Saya rasa ini bisa kita bahas selanjutnya. Jadi secara berurutan seperti berikut:

1. Aktifkan Penghasilan -->Pada dashboard tekan menu "setelan kemudian pilih Bahasa dan Pemformatan.
Setelah ditentukan ke bahasa Inggris, simpan dan refresh (bisa dengan menekan F3), pada gambar diatas tampak jelas menu Penghasilan sudah muncul.

2. Masuk ke menu penghasilan, akan tampil langkah selanjutnya.
Perhatikan dengan jelas tombol serta instruksi yang ditampilkan seperti contoh di bawah garis merah yang saya tandai, jika blog kita belum memenuhi syarat maka menu mendaftar adsen belum aktif disertai pemberitahuan bahwa blog anda belum memenuhi syarat. Jika sudah memenuhi syarat barulah kita lanjutkan.

3.  Mendaftar Adsense, dengan menekan tombol oranye aktif.

4. Pada tahap ini kita diminta menentukan akun/email yang akan kita gunakan mendaftar, kita dibolehkan membuat email/akun baru.

5. Tentukan nama situs/blog dengan mengetik url blog/situs kita.

6. Lengkapi data diri seperti nama, alamat, kode pos berikut nomor telepon. Perlu diingat untuk mengganti nomor telepon yang sebelumnya telah didaftar (jika sudah) maka mengganti dengan nomor lain nanti akan diminta verifikasi, kita akan di kirim kode verifikasi via sms lalu kita ketik pada kolom dimaksud.
Dengan menekan "Kirim permohonan saya, akan muncul menu verifikasi nomor HP.

7. Selanjutnya kita diminta untuk menentukan lokasi iklan pada blog kita, di mana saja kita mau pasang iklannya.

8. Setelah anda refresh blog, maka dalam waktu kurang dari 2 menit biasanya iklan sementara akan muncul sebagai uji coba. Sekitar 30 menit berikutnya lakasi ruang tempat iklan tadi muncul akan kosong kembali. Pada tahap ini merupakan review pertama Google untuk memastikan blog kita valid dan bisa dimuat iklan.

9. Ruang kosong tersebut nantinya akan tampil iklas secara otomatis jika permohonan kita diterima setelah review ke-dua yang katanya dilakukan oleh staf Google (bukan mesinnya), dan jangka waktu persetujuannya itu berfariasi bisa 30 hari atau 3 bulan atau lebih.

10. Menunggu persetujuan Adsense maka kelola blog dengan baik dengan meng-update postingan secara rutin. Lakukan optimasi sebisa mungkin seperti mencari backlink, promosi ke sosial media seperti twitter atau facebook. Namun sementara jangan merubah struktur blog secara keseluruhan, lebih baik jangan sama sekali. Posting saja artikel bermanfaat sesuai tema blog kita.

Sobat ErraDigital sekalian, sebenarnya sampai postingan ini diterbitkan ErraDigital sendiri belum di approve, dan sekarang adalah masa untuk saya mengelola blog ini dengan baik. Dalam hal ini, kepada sobat semua harap lihatlah blog ErraDigital ini di mana mungkin terdapat sesuatu yang kurang tepat. Atas bantuannya Gibran ucapkan Terima Kasih.

Saya memposting artikel ini dengan itikad baik untuk berbagi kepada sobat yang belum Mendaftarkan Blognya ke Google Adsense, namun jika terdapat kekeliruan harap dimaklumi.

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "Cara Mendaftar Google Adsense Melalui Blog"