Selamat Tahun Baru 2016

ErraDigital - Mengucapkan Selamat Tahun Baru 2016 semoga Tahun ini membuat kita semua lebih ceria dan bahagia dengan kata lain bisa membawa kesuksesan lebih besar dari sebelumnya. Dan yang paling penting dengan datangnya Tahun Baru 2016 ini dapat menjadikan kita lebih akrab dalam melanjutkan silaturrahmi untuk saling melengkapi dan membantu sesama. Menyambut kedatangan tahun baru 2016 banyak orang sudah mempersiapkan segala sesuatu untuk merayakannya, mulai dari memilih tempat, mengajak keluarga berkumpul atau lainnya. Menyambut 1 Januari Tahun Baru 2016 memang harus penuh dengan semangat baru. Jika ada kegagalan atau harapan yang belum tercapai pada tahun 2015, maka percayalah bahwa di tahun 2016 segala sesuatu akan jauh lebih baik, tentunya dengan dibarengi kerja keras dan ketekunan serta fokus untuk suatu keberhasilan. Satu hal yang perlu di-ingat "jangan sesali masa lalu dan jangan khawatirkan masa depan, semua akan berjalan apa adanya.

90 Gambar DP BBM Bergerak Selamat Tahun Baru 2016
Selamat Tahun Baru 2016

Tempat yang paling bagus merayakan tahun baru adalah disisi keluarga tercinta, karena kita adalah bagian dari mereka. Semua harapan terasa begitu dekat ketika bersama, kebahagiaan muncul dengan sendirinya dan yang pasti semua akan tampak lebih indah. Detik-detik datangnya tahun baru selalu ditunggu untuk mengabadikan sebuah momen spesial, jalanan begitu ramai iring-iringan kendaraan maupun pejalan kaki semuanya bersahaja untuk menyaksikan pertukaran waktu.

Berbeda dengan era 80-an perayaan tahun baru sekarang memang lebih meriah hal ini tidak luput dari perkembangan dunia. Sekarang ini dunia begitu maju dari segi teknologi bahkan di segala lini kehidupan. Begitu mudahnya kita berinteraksi dengan yang lain hanya dengan menggunakan sebuah handphone lebih lagi produk baru serupa yang belakangan digelar smartphone. Berbekal layanan Internet maka dunia terasa digenggam, dalam sekejap kita bisa meluncur kemana-mana.

Tulisan ini lebih ditujukan sebagai review atas masa yang telah berlalu sementara hari ini kita berada pada detik-detik datangnya Tahun Baru 2016, kita masih bisa merasakan bagaimana keadaan tahun tahun sebelum ini sampai akhirnya teknologi mempertemukan kita. Tulisan yang sedang anda baca ini sejatinya saya tulis dalam bahasa "Indonesia" tapi anda yang berada di belahan dunia mana pun bisa membaca tulisan ini dengan bahasa yang anda mengerti, ini lah yang dimaksud bahwa teknologi mempertemukan kita. 

Dengan mereview masa yang telah kita lalui setidaknya memberikan kita beberapa motivasi untuk ikut serta memajukan dunia agar kita bisa selamanya bersama. Ucapan selamat tahun baru merupakan ungkapan yang menggambarkan lembaran sejarah hidup kita, yang secara rinci kelak akan disodorkan kepada kita untuk dibaca dan dipertanggungjawabkan di hadapan Tuhan. Dengan demikian, semoga momentum yang mengandung nilai-nilai postif ini bisa kita manfaatkan sebaik mungkin untuk menjadi insan yang lebih baik dari tahun sebelumnya. Jika sebelumnya langkah hidup kita senantiasa dipenuhi keraguan, maka inilah saatnya di tahun baru 2016 untuk memupuk keyakinan dan keberanian dalam berbuat baik. Semoga segala harapan terwujud, kesempatan datang menyapa, dan keberhasilan menjadi milik kita seutuhnya di tahun 2016 ini.

Anda yang sekarang ini berbahasa  *selain bahasa Indonesia* bisa dengan mudah memahami apa yang saya tuliskan jika saya menterjemahkan menggunakan teknologi yang ada pada Google Translite di mana telah disertakan kamus online di dalamnya. Google Terjemahan (bahasa Inggris: Google Translate) adalah layanan yang disediakan oleh Google Inc. untuk menerjemahkan bagian teks atau halaman web dalam satu bahasa ke bahasa lain. Untuk beberapa bahasa, pengguna diminta untuk memberikan terjemahan alternatif, seperti untuk istilah teknis, yang akan dimasukkan untuk pembaruan dalam proses penerjemahan selanjutnya. Dari Wikipedia. Awalnya kemunculannya pada tahun 2003 Google Terjemahan hanya fokus menterjemahkan Bahasa Inggris ke Bahasa Arab dan Bahasa Inggris ke Bahasa Tionghoa atau sebaliknya.

Baru kemudian pada 25 September 2008 kita bisa menterjemahkan Bahasa Indonesia. Saat ini tidak kurang dari 80 bahasa dapat diterjemahkan pada Google Terjemahan. Lebih hebatnya lagi di awal tahun 2015 lalu Google secara resmi mengatakan ke publik bahwa mereka siap memperbanyak jumlah bahasa pada fitur scan di aplikasi Google Translate yang di miliki sejak dahulu. Nah mengingat perkataan tersebut, kemarin atau tepatnya 29 Juli 2015, Google secara resmi juga membuktikan perkataan yang sudah di lontarkan tersebut dengan menambahkan beberapa pilihan bahasa.

Google Translate Scan
Scan Photo Google Terjemahan

Di mana seperti di lansir dari laman TechRadar, sang raksasa internet Google kini telah memiliki kurang lebih 27 bahasa setelah mereka menambahkan 20 bahasa baru untuk instan penerjemah bahasa visual di aplikasi Google Translatenya. Seperti kita ketahui, fitur instan penerjemah visual yang terdapat pada aplikasi google translate memang cukuplah mudah untuk di gunakan, hanya dengan menyetel bahasa yang ingin di terjemahkan, kemudian pengguna hanya tinggal memilih icon kamera dan langsung arahkan pada teks yang akan di scan.

Sejauh ini pernahkah terlintas di fikiran anda, dari mana bahasa berasal?, siapa yang pertama kali menemukan bahasa? layaknya telephone yang ditemukan oleh Antonio Santi Giuseppe Meucci setelah sebelumnya diklaim bahwa Alexander Graham Bell adalah orang yang pertama kali menemukan telephone. Lalu adakah orang yang meng-klaim telah menciptakan bahasa hari ini?

Asal usul bahasa adalah aspek yang paling banyak dipertentangkan hingga hasil studinya pun tidak memuaskan, karena para penyelidik sulit mencapai kesepakatan tunggal. Bagaimana terjadinya awal mula bahasa? Ada tersedia beberapa teori asal bahasa, ada yang lucu, ada yang aneh dan  ada pula yang berbau ilmiah. Pada tahun 1866 masyarakat linguis Perancis melarang mendiskusikan asal usul bahasa karena itu hanya spekulasi yang tidak ada artinya.

Bahasa adalah suatu hal yang paling baik dalam menunjukkan identitas kultural suatu bangsa, namun hingga kini belum ada suatu teori yang diterima luas bagaimana bahasa yang sering kita gunakan untuk berkomunikasi itu muncul dipermukaan bumi ini. Ada yang mengatakan bahwa bahasa Nonverbal lah yang terlebih dahulu muncul sebelum adanya bahasa verbal.

Sementara para ahli Antropologi menyimpulkan bahwa manusia dan bahasa berkembang bersama. Manusia itu ada di bumi kurang lebih satu juta tahun lamanya. Ada juga yang mengatakan bahwa perkembangan bahasa manusia sama seperti halnya perkembangan bahasa bayi berkembang menjadi dewasa. Otto jespersen (1860-1943) melihat adanya persamaan antara bahasa bayi dan manusia dahulu. Bahasa manusia pertama hampir tidak mempunyai arti, seperti lagu saja sebagaimana ucapan-ucapan bayi. Lama kelamaan ucapan-ucapa tadi berkembang menuju kesempurnaan.

Pada zaman dahulu nenek goyang disebut dengan Cro Magnon yang tinggalnya di Gua-gua dengan sosok tubuh lebih berotot dan tegap , karena memang mungkin pada  saat itu mereka semangat dan makan makanan yang lebih sehat, bisa dikatakana bahwa pada saat itu mereka adalah pemburu dan pengumpul makanan yang lebih sehat. Pada saat itu mereka belum mampu berbahasa verbal, maka mereka pun berkomunikasi pada saat itu dengan gambar-gambar yang mereka buat pada tulang, tanduk, cadas dan dinding gua yang banyak ditemukan di spanyol dan Perancis. Mereka pada saat itu berkomunikasi melalui menggambar bison, Rusa Kutub dan hewan yang merka buru. Dan dari sinilah yang menjadi tempat pertama yang dikenal manusia untuk merekam informasi.
Pandangan lain mengenai asal mula bahasa manusia didasarkan pada konsep bunyi alam. Pandangan itu sudah dikemukakan oleh para filsuf yunani kuno. Socrates yang menyatakan teorinya tentang asal mula bahasa dalam Cratylus Plato. Dalam dialog tersebut, Socrates mencatat bahwa dalam bahasa Yunani, bunyi r sering hilang dalam kata-kata yang mempunyai arti gerak dan bunyi l sering mengacu pada kelancaran. Dia menyimpulkan onomatope, atau peniruan bunyi-bunyi tindakan, merupakan dasar asal mula bahasa dan merupakan alasan mengapa bahasa dapat ditemukan untuk benda-benda yang menghasilkan bunyi.

Menurut pandangan ini,  kata-kata yang paling sederhana dapat merupakan tiruan bunyi alam yang didengar oleh manusia di lingkungannya. Kenyataan bahwa bahasa-bahasa modern memiliki beberapa kata yang mirip bunyi-bunyi alam dapat digunakan untuk mendukung teori itu. Dalam bahasa Inggris, terdapat kata cuckoo yang merupakan bunyi burung yang dijadikan nama burung itu sendiri, dan kata “bow – wow, bunyi salak anjing, yang akhirnya menjadikan teori ini disebut teori “bow-wow” (bow wow theory) yang dikemukakan oleh seorang peneliti Jerman Max Mueller.
Namun teori ini mendapat bantahan, karena sejumlah kata dalam bahasa-bahasa tertentu bersifat onomatope (penamaan benda atau perbuatan dengan peniruan bunyi yang dihubungkan dengan benda atau perbuatan).
Sebagian besar terminologi yang di pergunakan oleh para ahli bahasa dalam mempelajari bahasa-bahasa modern dewasa ini diambil dari istilah-istilah yang dikemukakan oleh para sarjana Yunani, ketika para ahli filsafat dan ahli retorika bahasa dari bangsa itu memperkenalkannya dalam usahanya mempelajari bahasa. Catatan yang paling awal tentang minat bangsa Yunani dalam dunia bahasa biasanya dikaitkan dengan kaum Sofia dalam abad ke- 5 sebelum Masehi.

 Dalam bahasa Yunani, sophos berarti bijaksana, Sophia artinya kebijaksanaan, dengan demikian, sophists atau kaum sofia ialah sekelompok manusia yang mempelajari hal ikhwal tentang pemikiran-pemikiran orang-orang bijaksana.

Menjelang kira –kira 5000 SM, bangsa yunani pada saat itu telah menggunakan alfabhet secara luas sampai akhirnya Alfabhet tersebut diteruskan ke Roma tempat system tulisan itu disempurnakan lagi. Sistem tulisan dan bahsa lisan it uterus berkembang hingga kini , sampai kita pun memasuki era cetak pada abad ke 15, yang beberapa kemudian disusul oleh Era radio. Televisi dan sampai sekarang computer dan internet. Dan semua itu sudah direkam melalui hasil peradaban manusia untuk disempurnakan lagi oleh generasi mendatang lewat kemampuan dalam berbahasa.


Sampai tulisan ini dibuat, pertanyaan tentang siapa yang menemukan bahasa belum juga terjawab. Tulisan di atas hanya sebatas review masa-masa yang dilalui manusia. dan tepat pda saat ini adalah tanggal 1 Januari 2016. Sekali lagi Selamat Tahun Baru,! 

Melanjutkan pembahasan mengenai bahasa yang ada di muka bumi ini, sederhananya kita bisa menilik sejarah asal mula manusia dan perkembangannya karena disitulah kunci sebenarnya proses pembentukan bahasa yang ada. Dan itu juga yang sebenarnya menjadi pokok permasalahan bahwa masih terdapat beberapa pro kontra mengenai asal mula manusia.

Pada hal sejatinya manusia pertama adalah Nabi Adam yang dari salah satu tulang rusuknya kemudian Allah menciptakan Hawa dan mengajarkan kepada mereka bahasa. Mudah-mudahan saya menyebunya dengan cara yang benar. Kemudian anak cucu adam berpencar ke semua belahan dunia yang berbeda iklim dan kemungkinan spesies yang ada pun berbeda-beda, seperti pohon kurma yang tadinya tidak tumbuh di Indonesia dan itu juga alasan logis yang melahirkan bahasa berbeda.

Kesimpulan dari pembahasan tentang Bahasa adalah bahwa Bahasa yang ada di muka bumi termasuk yang sedang kita gunakan adalah Anugerah Allah Yang Maha Pengasih, Tuhan sekalian Alam. Dan dengan bahasa yang ada kita dapat berinteraksi lebih lagi di era serba digital sekarang bersosialisasi dengan orang yang berlainan bahasa juga bisa dengan mudahnya, karena untuk menterjemahkan bahasa adalah lebih mudah.

Anda yang membaca postingan ini dalam bahasa selain bahasa Indonesia mungkin terdapat sedikit ketidak sesuaian, mungkin perlu sedikit penyempurnaan dan saya yakin anda bisa melakukan itu selama anda memahami arti dari semua tulisan di atas.

Terima Kasih, dan selamat bergabung di ErraDigital Blog

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Selamat Tahun Baru 2016"

Post a Comment