Mengenal Apa itu Prosesor Dual Core, Quad Core, Octa Core Lebih Detail

Artikel ini menjelaskan secara spesifik tentang Prosesor terkini yang digunakan pada smartphone, bagaimana kinerja tiap Prosesor dengan jumlah inti Core berbeda? Simak uraian lengkapnya berikut ini :

Apa itu Processor Dualcore Quadcore dan Octacore – Apasih yang dimaksud dengan processor Dualcore, Quadcore dan juga processor Octacore itu sebenarnya? Kita sering membaca ulasan tentang sebuah smartphone terbaru dengan istilah beberapa jenis processor yanag menjadi pelengkap komponen utamanya. Namun apakash sebenarnya yang dimaksud dengan istilah-istilah procesor tersebut?, mari kita simak sedikit penjelasan dibawah ini semoga temen-temen yang masih ada pertanyaan tentang apa itu processor Octa core Quad Core atau bahkan Dual core dapat menemukan penjelasan yang masuk akal dan mudah dinalar, maka sebagai berikut penjelasannya.

Istilah processor sebenarnya telah lama dikenal terutama dalam istilah komputer serta laptop, namun sekarang istilah processor juga telah menjadi istilah baru yang ngetrend didalam dunia smartphone. Dan jika dilihat susunan komponen sebuah smartphone saat ini memang sudah tidak ada bedanya dengan sebuah komputer atau laptop, hanya saja ukuran serta fungsinya yang masing-masing ada perbedaan mendasar jika sebuah smartphone lebih dikhususkan untuk alat komunikasi mobile, maka laptop atau komputer hingga saat ini lebih sebagai alat pemproses data atau dikhususkan untuk mempermudah seseorang dalam menyelesaikan suatu pekerjaan yang berurusan dengan data digital.

octa core vs dual core dan Quad core

Apa itu quad core octa core dual core

Jadi nama-nama komponen didalam sebuah smartphone saat ini juga memiliki nama yang sama dengan nama komponen di komputer dan laptop, dan hanya saja jika pada laptop dan komputer ada komponen yang namanya harddisk maka di sebuah smartphone ada komponen dengan nama memory internel serta memory eternal yang memiliki fungsi sebagai komponen penyimpan data yang dimiliki pengguna sebagaimana fungsi harddisk didalam sebuah komputer atau lapotop.

Bahkan dapat dibilang kemampuan sebuah smartphone saat ini telah melebihi kemampuan sebuah laptop misalnya fungsi smartphone sebagai sebuah kamera digital serta dapat digunakan sebagai alat navigasi dalam perjalanan karena sebagian besar smartphone saat ini telah dilengkapidengan sarana GPS.

PERBEDAAN PROCESSOR DENGAN TEKNOLOGI DUALCORE QUADCORE DAN OCTACORE

Processor disebut juga sebagai CPU (Central Processing Unit), dan dari namanya juga telah dapat ditebak bahwa processor memiliki peranan utama dalam sebuah semartphone sebagai komponen utama yang mengeksekusi segala perintah yang diberikan oleh pengguna lewat aplikasi dan sistem operasi yang terinstal pada sebuah smartphone.

Berbicara tentang perkembangan teknologi prosesor saat ini memang terus berkembang dan semakin canggih dengan berbagai kemampuan kerja yang tinggi demi memenuhi kebutuhan pengguna yang juga semakin membutuhkan perangkat smartphone dengan knerja yang cepat. Sehingga parailmuan juga berlomba dalam mengembangkan teknologi processor sebagai salah satu komponen utama sebuah smartphone saat ini.

Saat ini sebuah smartphone telah lazim menggunakan processor Dual Core, Quad Core hingga Processor dengan teknologi Octa Core. Lantas apa bedanya antara processor tersebut serta bagusan mana antara processor Octacore dengan Quad Core? Wah bingung juga ya, terlebih bagi pengguna smartphone yang memang masih benar-benar belum mengerti tentang perbedaan antara procesor Dual Core, Quad Core dan Octa Core. Namun jangan jangan khawatir bagi yang belum tahu dan baru membaca ulasan ini, maka bagi para pembaca yang penasaran dengan 3 istilah processor tersebut dapat membaca sedikit penjelasan dibawah ini tentang ketiga seri processor smartphone tersebut

APA ITU PROCESSOR DUALCORE QUADCORE DAN OCTACORE

1 . Apa yang dimaksud Dengan Dualcore, Quadcore dan Octacore

Perkembangan teknologi processor dari waktu ke waktu terus berimbang dengan perkembangan perangkat lunak serta kebutuhan masyarakat. Jika pada waktu yang lalu sebuah smartphone masih menggunakan processor dengan core tunggal atau single core karena pada saat itu kebutuhan pengguna dalam menjalankan aplikasi juga masih masih terbilang tidak telalu banyak. Hingga seterusnya perkembangan aplikasi serta sistem opeasi meningkat dengan pesat maka kebutuhan pengguna smarphone dalam menjalankan berbagai aplikasi smarphone juga bertabah banyak sehingga beban komponen smartphone terutama processor juga makin berat jika tidak mengalami peningkatan kemampuan kerja.

Oleh sebab itu pengembang smartphone membuat processor dengan kemampuan lebih tinggi dari sebelumnya dengan penambahan kapasitas kerja hingga muncullah generasi processor dengan inti 2 atau processor dual core, dan disusul dengan pengembangan seterusnya hingga ada processor dengan inti lebih banyak semisal processor Quad Core (4 core) dan juga processor Octa core dengan inti (core) processor sebanyak 8 buah.

Dan dalam sebuah smartphone yang dilengkapi dengan prosesor Quad Core maka sudah barang tentu kecepatan kerjanya sangat tinggi karena selain itu pasti kapasitas RAM serta memory internal penyimpan data juga telah ditingkatkan untuk mengimbangi kemampuan processor Quadcore yang tinggi.

Jadi bagi anda yang saat ini telah memakai smartphone Quad-Core maka kecepatan kerja smartphone anda pastinya sangat mumpuni untuk menjalankan berbagai aplikasi yang terintsall didalamnya. Dan hal ini kebalikannya bagi yang belum berkesempatan dan masih memakai smartphone lama yang hanya memiliki processor dual core serta dengan kelengkapan RAM yang kecil maka akan sering mengalami loding lambat ketika menjalankan aplikasi yang berat. Dan untuk soal Harga smartphone dengan processor Quad core pastinya terpaut cukup jauh dengan harga smartphone dengan processor dualcore apalagi dengan smarphone yang masih memakai processor single core.

2 . Istilah kecepatan processor dan apa itu GHz

Jika kita membaca sebuah ulasan tentang sebuah smartphone, maka data spesifikasi akan disebutkan tentang Kapasitas RAM, Kapasitas memory internal hingga kemampuan kamera yang dimilikinya, dan terutama adalah kecepatan kerja processor yang dimiliki sebuah smartphone tersebut, misalnya sebuah smartphone memiliki spesifikasi processor Dual-core 1.2 Ghz. Singkatan GHz berasal dari kata GigaHertz, dan untuk mempermudah penyebutan serta penulisan maka ditulis saja dengan GHz.

Processor sebuah smartphone bekerja dengan satuan frekuensi ketika mengolah data dalam kapasitas tententu, maka satuan data yang dipakai adalah gabungan satuan kapasitas Giga digabung dengan satuan frekuensi Hertz. Dan lazimnya procssor sekarang ini memiliki kemampuan kerja sebesar GHz dan jika ditulis mencapai angka ribuan. 1 GHz sama dengan 1000 MHz, dan 1 MHz sama dengan 1000 KHz.

Jika pada masa lampau penulis masih sempat menggunakan sebuah komputer dengan processor dengan satuan kerja MHz (Megahertz), yang artinya masih dalam angka kecepatan ratusan. Sehingga kemampuannya memprose datanya masih sangat mimin dan lambat.

3 . Tentang Apa Itu Aplikasi Single Thread

Aplikasi Single Thread hanya bekerja dengan sistem satu jalur pemroses data saja, sehingga sebuah smartphone dengan processor Dual core atau tidak akan menambah kecepatan kerja pada sebuah aplikasi yang berjalan dengan sistem satu jalur pemroses atau istilahnya aplikasi Single Thread.

Namun sebuah smartphone dengan aplikasi yang dapat berjalan dengan aplikasi multi Thread seperti aplikasi game hyang berat dengan grafik yang tinggi serta beberapa aplikasi lainnya seperti google chrome yang juga dapat berjalan dengan sistem multi Thread, maka penggunaan rocessor Dual Core atau lebih akan sangat membantu meningkatkan kecepatan kerja sebuah smartphone dalam menjalankan aplikasi yang ada didalamnya.

Itulah ulasan tentang Mengenal Apa itu Prosesor Dual Core, Quad Core, Octa Core Lebih Detail semoga memberikan pemahaman yang dapat diterima dengan mudah oleh para pembaca semuanya. Sekarang kita lanjutkan mengenal jenis Prosesor yang dipakai pada smartphone.

Mengenal Jenis – Jenis Prosesor

Info Gadget Terbaru – Jika kita menggunakan smartphone, prosesor yang digunakan sangatlah berpengaruh pada kinerja smartphone. Prosesor atau sering disebut dengan CPU (Central Processor Unit) begitu penting karena fungsinya sebagai pengendali utama berjalannya sebuah smartphone. Banyak produsen smartphone menonjolkan prosesor pada smartphone yang telah dirilisnya, agar smartphone keluaranya banyak diminati oleh para pecinta gadget utamanya smartphone. Untuk itu mari kita lihat jenis-jenis prosesor yang digunakan pada sebuah smartphone.

Jenis – Jenis Prosesor Pada Smartphone

Prosesor Snapdragon

Jenis prosesor ini banyak digunakan pada smartphone berkualitas tinggi atau bisa dibilang smartphone kelas atas. Snapdragon merupakan jenis prosesor pabrikan Qualcomm dimana sering kita jumpai pada smartphone Android. Qualcomm sampai saat ini masih banyak diyakini paling bagus dari hasil prosesor buatannya. Dari jenis prosesor Snapdragon, Qualcomm telah meluncurkan empat seri diantaranya;
Prosesor Snapdragon

Snapdragon Seri 200, prosesor ini akan membuat dunia Anda selalu berubah karena Snapdragon seri 200 di desain untuk mewujudkan kinerja optimal, mudah diakses guna mendukung mobilitas para pengguna serta optimal dari segi penggunaan daya baterai.

Snapdragon Seri 400, seri ini di desain untuk fitur pada ponsel cerdas yang populer atau banyak disukai pengguna untuk mendapatkan pengalaman memanfaatkan fitur pada smartphone mereka seperti merekam, memutar video HD, audio channel serta kamera beresolusi tinggi.

Snapdragon Seri 600, prosesor ini memiliki keunggulan dari prosesor selluler lain dari segi kinerja per watt, dalam kinerja seperti konektifitas 4G LTE dan Video HD.

Snapdragon Seri 800, prosesor seri 800 ini mempunyai kinerja lompatan ke depan serta efisien daya lebih seperti konektifitas 4G LTE serta video Ultra HD.

Prosesor Exynos

Prosesor jenis Exynos dikembangkan oleh prusahaan produsen ponsel besar samsung electronics. Prosesor exynos memiliki basis System on a Chip (SoC) yang dirancang khusus untuk perangkat smartphone dan tablet. Prosesor exynos pertama yang dibangun oleh Samsung adalah Exynos 3110, sebelumnya dikenal Hummingbird atau S5PC110. Setelah meluncurkan prosesor pertamanya kemudian Samsung meluncurkan kembali prosesor Exynos 4212. Prosesor Exynos dirancang menggunakan CPU ARM Cortex A9 dual core dengan kecepatan 1.2GHz up to 1.5GHz.

Prosesor Exynos

Prosesor jenis Exynos juga dilengkapi oleh GPU ARM Mali-400 MP4 yang mempunyai kelebihan pada bidang game 3D serta multitasking. Berikut seri-seri prosesor dari Exynos.

Exynos 3 Single (Exynos 3110), prosesor Exynos 3110 pertama kali muncul mengiringi smartphone Samsung Galaxy S, 2010 lalu. Exynos 3110 dibarengi fitur lain yakni; CPU Intruction Set ARMv7 32-bit dengan CPU Single-core 1.0 GHz – 1.2 GHz Cortex-A8, GPU PowerVR SGX540.
Exynos 4 Dual (Exynos 4210), prosesor Exynos 4210 rilis pada 2011 lalu dan memiliki fitur ARMv7, CPU dual-core 1.2 GHz – 1.4 GHz cortex-A9, serta GPU Mali-400.

Exynos 4 Quad ( Exynos 4412 dan Exynos 4412 Prime), seri Exynos 4412 memiliki fitur ARMv7, CPU Quad-core 1.4 GHz cortex-A9, serta GPU mali-400MP4. Sedangkan untuk seri Exynos 4412 Prime didukung fitur ARMv7, CPU quad-core 1.6 GHz cortex-A9, serta GPU mali-400 MP4.
Exynos 5 Dual (Exynos 5250), prosesor seri ini telah didukung fitur ARMv7, Dual-core 1.7 GHz cortex-A15, serta GPU Mali-T640.

Exynos 5 Hexa (Exynos 5260), prosesor ini menggunakan 6 ini CPU yang dibagi menjadi dua bagian yaitu CPU dual-core 1.7 GHz cortex-A15 dan Quad-Core 1.3 GHz cortex-A7. Prosesor Exynos 5260 telah didukung oleh fitur GPU Mali-T624 serta memori LDDR3 (12.8GB/s).

Exynos 5 Octa (Exynos 5410, Exynos 5420, Exynos 5442). Posesor Exynos 5410 terdiri dua bagian CPU yakni CPU CPU Quad-Core 1.6 GHz cortex-A15 dan Quad-Core 1.2 GHz cortex A7 yang keduanya didukung fitur GPU PowerVR SGX544MP3. Untuk Exynos 5420, prosesor jenis ini memiliki dukungan fitur berupa CPU quad-core 1.8 GHz – 1.9 GHz cortex-A15 dan quad-core 1.3 GHz cortex-A7 serta GPU dari Mali-T628MP6. Sedangkan untuk Exynos 5442 didukung fitur quad-core 2.1 GHz cortex-A15 dan quad-core 1.5 cortex-A7 dan GPU Mali-T628MP6
OMAP

Jenis prosesor OMAP merupakan hasil produksi dari Texas Instrument, jenis prosesor ini sering digunakan  oleh smartphone yang memiliki kinerja handal seperti samsung galaxy nexus, huawei ascend P1 S serta tablet archos. Kelebihan yang dimiliki prosesor OMAP diantaranya proses tampilan situs pada intrernet seperti website pada PC. User interface lebih cepat ssrta penggunaan daya sedikit. Kamera utama dan kamera depan yang dimiliki lebih besar serta mampu menampilkan video full HD.

Prosesor OMAP

Generasi Prosesor OMAP ini semakin hari semakin baik, sekarang Prosesor ini sudah masuk ke generasi 5 yang sebelumnya diawali dengan:
  • OMAP 3 : Kecepatan 1 GHz ARM Cortex A8, menggunakan GPU POWERVR™ SGX 2D/3D, Kamera 12 MP
  • OMAP 4 : Akselerasi kecepatan 1.5 GHz Dual Core Cortex A9, GPU POWERVR™ SGX54x, Kamera 20 MP
  • OMAP 5 : Kecepatan 1.7 GHz Dual Core Cortex A15, GPU POWERVR™ SGX544-MPx serta menggunakan Kamera bereoslusi 24 MP

Prosesor Tegra

Jenis prosesor berikutnya adalah prosesor Tegra. Prosesor jenis Tegra merupakan produk dari nvidia. Jenis prosesor ini sempat menggemparkan dunia gadget karena saat produsen lain sedang memproduksi prosesor dual core, Nvidia tengah merilis Tegra 3 dengan prosesor Quad Core, dengan kemampuan dan kinerja handal yang dimiliki. Kelebihan prosesor jenis Tegra dapat menampilkan gambar berkualitas tinggi namun konsumsi energi rendah selain itu jenis prosesor ini mengijinkan Anda untuk menampilkan video dengan resolusi hingga 2560×1600 pixels. Jenis prosesor Tegra sudah banyak digunakan pada tablet diantaranya Lenovo IdeaPad K2, Acer Iconia Tab A700 serta Asus Eee Pad Transformer Prime.

Prosesor Tegra

Saat ini seri tercepat prosesor tegra adalah Tegra K1 yang telah dilengkapi grafis hingga mencapai 192 inti berasal dari arsitektur GPU Kepler. Fitur Tegra K1 ini memiliki fitur  inti 4-Plus-1 ARM Cortex A15, API seperti OpenGL ES 3.0, OpenGL 4.4, DirectX 11 dan CUDA 6.0. Prosesor Tegra seri K1 sukses dirilis setelah adanya pembaruan dari seri-seri sebelumnya yang berawal dari seri Tegra APX 2500, Tegra APX 2600, Tegra 600, Tegra 650, Tegra 2, Tegra 3, Tegra 3Tegra 4 serta Tegra 4i.

Prosesor PXA

Prosesor jenis PXA memang jarang dipakai namun jenis prosesor ini juga sudah digunakan oleh smartphone android. Prosesor jenis PXA merupakan prosesor pabrikan dari marvell. Kelebihan yang dimiliki prosesor PXA adalah tekhnologi berfungsi untuk kinerja smartphone serta tablet, dapat meminimumkan daya yang dipakai.

Prosesor PXA
Prosesor Media Tek

Mediatek merupakan jenis prosesor yang juga banyak digunakan pada smartphone. Dulu jenis prosesor ini sering dikenal hanya pada vendor-vendor smartphone kecil, namun sekarang vendor besar seperti Sony juga akan menggunakan jenis prosesor Media Tek. Prosesor Media Tek merupakan prosesor pabrikan Media Tek atau sering dikenal dengan sebutan MTK. Berikut beberapa seri prosesor Media Tek;
  • Media Tek MT6572 yang diperkuat oleh fitur ARMv7 dual-core up to 1.3 GHz cortex-A7, LDDR2 dan GPU Mali-400MP1.
  • Media Tex MT6589, prosesor seri ini memiliki fitur ARMv7 quad-core up to 1.2 GHz, LDDR dan GPU PowerVR SGX544MP.
  • Media Tex MT6589T dengan fitur ARMv7 quad-core up to 1.5 GHz cortex-A7, LDDR1/LDDR2 dan GPU PowerVR SGX544MP.
  • Media Tex MT6582 fitur-fitur pendukung prosesor ini adalah ARMv7 quad-core Up to 1.3 GHz cortex-A7, LDDR2/LDDR3 serta GPU Mali-400MP2 (500MHz).
  • Media Tex MT6592, fitur; ARMv7 Octa-core up to 2.0 GHz cortex-A7, GPU Mali-450MP4 (700MHz), LDDR2 (533MHz) dan LDDR3.
  • Media Tex MT6732, fitur; ARMv8 64-bit quad-core 1.5 GHz cortex A-53, LDDR2 or LDDR3, GPU Mali-T760.
  • Media Tex MT6572, fitur; ARMv8 64-bit octa-core 2.0 GHz cortex-A53, LDDR2 or LDDR3, GPU Mali-T760.
  • Saat ini jenis terbaru dari prosesor Media Tek MT6735. SoC (System-on-Chip) memiliki kemampuan hingga 64-bit t. SoC tersebut telah didukung prosesor quad-core serta GPU dari ARM, didukung oleh chip modem 4G LTE.

Prosesor MidiaTek
English Version:

For many users, processor’s cores encourage them to buy a particular smartphone. The more a phone’s processor has cores, the more it is worth buying. All an average tech-savvy user understands is that a phone with dual-core processor is better than one with single-core processor; quad-core is better than dual-core, and if it is octa-core, consider it is like icing on the cake.

Is that really true? Let us come across some general explanations about single, dual, quad and octa core processors.

What is core in a processor?
Danny Stieben on Makeuseof.com (What Is A Processor Core? [MakeUseOf Explains]) explains that the core in processor is in fact a processing unit that stands for reading instructions to perform specific actions. So whatever action you want to perform on your mobile device, it is executed by the core, and if there are more cores than one, which are actually processing units, than you can perform all your actions quickly and at the same time.

Single Core Processor
Now we try to understand single core processor. A single core processor or CPU uses one core inside the processor. Here are some advantages and disadvantages of a single core CPU.

Advantages:

Single core processor consumes less power in comparison of dual or other multiple-core processors. However consuming less or more power does not affect a mobile but, it of course affects the battery. With more cores, it is found that battery drains quickly.

Because single-core processor consumes less power, the entire system being run by it remains cooler.
A single core processor is still good for most of applications because many of them aren’t built for multiple core processor. Tasks like checking mail, surfing net, downloading data, etc can still be handled by single-core processor.

Disadvantages

It’s comparatively a slow processor. It doesn’t have much computing power to handle large operations.

It cannot also handle multiple operations at a time.
Because modern apps require a lot of processing power, a single-core processor operating them can get frozen. It simply means that the entire system can become unresponsive.
The Dual-Core Processors

A dual core CPU has two cores to executive operations. These core are fitted in single circuit to behave a single unit; however, they have their own controllers and caches which allow them to work faster than single core processor.

Advantages

A dual core processor executes all the tasks much faster. It is perfect to run multiple processors at one time. If a single core processor is assigned with two difference things, it cannot do them both simultaneously. It switches to all tasks one by one but a multiple core processor can do both operations at the same time.

Having a dual core processor means you have power of two computers in one. But a dual core processor is much cheaper than buying two computers and than combining them to build a dual-processor unit.
Disadvantages

There are fewer operations which require power of dual core processors. In this ways a lot of power is wasted which of course quickly drains the battery. A mobile devices being used for general purpose computing such as checking email, surfing internet, typing docs, and sharing data, does not actually require power of dual core processor.

Many mobile app developers do not programmer their apps to run with dual or other multiple-core processors and that’s why their apps turn out to be incompatible with mobiles which are still running on dual or multiple-core processors.

The Quad-Core and other multiple core CPUs
In simple term, a quad core processor have four processors and same is case with an octa-core processor. These cores may be either on same integrated circuit on the same chip package. Here are their advantage and disadvantages

Advantages

Multitasking is the major advantages of quad or octa core processor. More cores provide more capacity to mobile performing many tasks in the single instance.
Quad or other multi-core processors are helpful in running such apps which are rather intensive and require a lot of resources. Such apps include video editors, antiviruses, graphics programs, etc.

New quad processors consumes less power and general less heat. That’s why they are much efficient.
Moore’s Law says that a computer is obsolete in 2 years. Quad or octa-core is actually way ahead of current mobile application development technology because not all the developer are able to program apps running on quad core processors. Many programmers are still written for dual or single core processors.

Disadvantages

A mobile with quad or octa core processors have been tested to drain battery rather faster.
Mobile developers need to program their apps to take the full advantage of quad or octa-core processors.

Demikian postingan mengenai Mengenal Apa itu Prosesor Dual Core, Quad Core, Octa Core Lebih Detail, semoga bermanfaat dan Terima kasih telah berkunjung ke ErraDigital.

Postingan terkait:

11 Tanggapan untuk "Mengenal Apa itu Prosesor Dual Core, Quad Core, Octa Core Lebih Detail"

  1. Assalamu alaikum warohmatullahi wabarakatu.
    Saya ingin berbagi cerita siapa tau bermanfaat kepada anda bahwa saya ini seorang TKI dari johor bahru (malaysia) dan secara tidak sengaja saya buka internet dan saya melihat komentar bpk hilary joseph yg dari hongkong tentan MBAH WIRANG yg telah membantu dia menjadi sukses dan akhirnya saya juga mencoba menghubungi beliau dan alhamdulillah beliau mau membantu saya untuk memberikan nomer toto 6D dr hasil ritual beliau. dan alhamdulillah itu betul-betul terbukti tembus dan menang RM.457.000 Ringgit selama 3X putaran beliau membantu saya, saya tidak menyanka kalau saya sudah bisa sesukses ini dan ini semua berkat bantuan MBAH WIRANG,saya yang dulunya bukan siapa-siapa bahkan saya juga selalu dihina orang dan alhamdulillah kini sekaran saya sudah punya segalanya,itu semua atas bantuan beliau.Saya sangat berterimakasih banyak kepada MBAH WIRANG atas bantuan nomer togel Nya. Bagi anda yg butuh nomer togel mulai (3D/4D/5D/6D) jangan ragu atau maluh segera hubungi MBAH WIRANG di hendpone (+6282346667564) & (082346667564) insya allah beliau akan membantu anda seperti saya...




    ReplyDelete
  2. Nice one!
    Infonya sedikit kurang spesifik tapi sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
  3. Assalamu alaikum warohmatullahi wabarokatu...
    Salam sejahterah bagi kita semua..
    Mohon maaf bilah postingan saya mengganggu. Perkenalkan nama saya mbak Alfianitra Purba asal magelang seorang mantan PRT duluh kerja di kota malaka malaysia selama 8 tahun, Sekedar info, Sengajah saya bercerita disini siapa tahu ada teman di luar atau dalam negri ingin merubah nasib seperti saya, karna saya sudah tahu manis pahitnya jadi PRT.. Berkat postingan teman" kemaren di suara BMI saya bisa kenal namanya abah cahyono ternyata beliau guru spiritual yang sering membantu orang melalui penarikan uang gaib, nomer togel, pelaris usaha/bisnis, dll.. Singkat cerita.. Saya sangat berterima kasih kepada abah cahyono atas bantuan beliau melalui penarikan uang gaibnya sebesar 1 milyard hidup saya sangat jauh lebih baik dari sebelum saya tidak menyangka kalau saya bisa sesukses ini karna saya yang dulunya hanya seorang pembantu rumah tangga di malaysia dengan gaji pas"an bahkan saya juga selalu dihina orang alhamdulillah kini sekarang saya sudah punya rumah dan usaha sendiri berkat bantuan beliau. Saya tidak tau harus berbuat apa untuk membalas kebaikan beliau karna banyakNya orang yg perna saya telpon dari google dan facebook yang orang bilang pintar untuk di minta bantuanNya tidak ada satu pun yg berhasil malah hutang saya tambah banyak dan saya informasikan bahwa abah cahyono tidak buka praktek dimanapun, karna banyak orang yang mengaku dari anggota atau murid abah, Bagi anda yg diluar negri maupun dalam negri butuh bantuan beliau jangan takut atau maluh segerah hubungi langsung nomer pribadi abah cahyono di nomer 085-213-737-273 / +62852-1373-7273 untuk mengetahui caranya.. Semua akan berubah Karna kesuksesan ada pada diri kita sendiri. Yakin dan percaya bahwa itu semua akan tercapai berkat bantuan dari abah dan muda"han anda cocok dan beliau bisa membantu anda seperti saya. Sekian dan terima kasih semoga dengan adaNya pesan singkat ini bisa bermanfaat kepada teman" semua...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maap2 nih min ye,sekarang nih udah banyak yang ketipu sama yang model2 begitu,jadi kagak bakal ada yang percaya😂😂

      Delete
  4. kalo yang begini maksudnya apa min?
    Octa-core (2x2.2 GHz Cortex-A73 & 6x1.6 GHz Cortex-A53)

    kan ada 2 frekuensi itu..

    ReplyDelete
  5. Muter2 jadi bingung dan blas gk paham..admin pinter tapi...

    ReplyDelete